Jumat, 14 Mei 2010

Penyebab Kegemukan

Salah satu musuh wanita dalam hal penampilan adalah mengenai masalah kegemukan.Banyak orang yang mendindari masalah kegemukan, karena selain diklaim merusak penampilan, kegemukan juga berpotensi lebih besar terserang penyakit.Banyak yang bisa menyebabkan kegemukan, agar terhindar dari kegemukan ada baiknya mencari tahu penyebab kegemukan dengan mengetahui penyebab kegemukan maka masalah kegemukan pun bisa dihindari.

Faktor-faktor yang memacu kegemukan tidak lain adalah factor pola hidup dan konsumsi makanan yang tidak seimbang. Seperti sering memakan makanan yang mengandung lemak, makanan berminyak, kurang mengkonsumsi serat yang biasanya terdapat dalam buah dan sayuran, kekurangan minum air putih, mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung banyak gula seperti minuman bersoda, kurangnya berolahraga serta mengkonsumsi obat-obatan.

Belakangan juga diketahui ternyata stress serta kebiasaan begadang juga menyebabkan terjadinya kegemukan. Begadang memicu kegemukan karena pada saat malam hari ada hormone yang memicu nafsu makan yang memungkinkan seseorang yang begadang mengkonsumsi makanan dimalam hari dan juga menyebabkan rasa lapar pada saat bangun tidur serta membuat perut tidak pernah merasa kenyang. Sedangkan pengaruh dari stress adalah tubuh akan beradaptasi dengan cara mengeluarkan hormon kortisol atau hormon stres. Hormon ini bisa meningkatkan nafsu makan sehingga tak heran bila saat dikejar deadline atau sedang stres, kita akan mengasup lebih banyak makanan.

Maka dari itu hidup sehatlah mulai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar