Jumat, 14 Mei 2010

MONOSODIUM GLUTAMATE

Monosodium glutamate atau MSG atau vetsin atau michin yang biasa juga disebut penyadap rasa memang sekarang ini banyak sekali digunakan sebagai bumbu dalam setiap masakan agar rasa masakan menjadi lebih gurih dan menambah selera. Penggunaan vetsin ini makin lama makin bertambah apalagi dengan harga yang murah dan mudah didapatnya bumbu masakan yang satu ini. Tidak ada yang tau pasti kapan bumbu masakan ini digunakan untuk pertama kalinya.

Sebenarnya untuk masyarakat Indonesia bisa saja menjauhi vetsin ini, dikarenakan Indonesia adalah Negara yang subur yang kaya akan rempah-rempah sebagai pengganti penggunaan vetsin yang tentunya lebih sehat dan tidak mempunyai efek samping. Oleh karena itu sebenarnya Indonesia sangat berpotensi untuk terhindar dari efek samping penggunaaj vetsin ini, namun sayangnya banyak orang yang tidak begitu menyadari efek samping yang ditimbulkan dari vetsin ini bahkan bisa dibilang banyak orang-orang yang seolah tidak peduli dengan efek yang ditimbulkan vetsin ini dan terus menggunakannnya untuk menambah rasa lezat diberbagai olahan masakan.

Efek yang bisa ditimbulkan oleh vetsin adalah hipertensi bahkan bisa memacu timbulnya kanker dan ada juga yang mengatakan bisa merusak saraf otak. Apalagi jika dikonsumsi oleh anak bayi atau balita, efek yang ditimbulkan oleh vetsin ini akan lebih besar lagi untuk perkembangan sel otak, karena penggunaan vetsin pada makanan anak bayi akan menghambat pertumbuhan sel otak. Oleh karena itu badan dunia yaitu WHO dan FAO melarang penggunaan vetsin untuk makanan bayi.

Sebagai masyarakat yang cerdik ada baiknya setelah mengetahui efek samping dari sebuah produk sebaiknya untuk menjauhi produk-produk tersebut dari komsumsi dan apabila terpaksa dikonsumsi sebaiknya gunakan takaran yang benar dan tidak melewati ambang batas pemakaian untuk menjaga kesehatan. Untuk itu sayangilah diri anda dan kesehatan anda karena karena kesehatan itu mahal harganya dan tetapkan hati anda bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati agar tidak menyesal nantinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar