Minggu, 21 Februari 2010

SEJARAH JAVA

Java merupakan bahasa pemrograman yang popular dan berembang cukup pesat yang menyediakan paket lengkap dari pemrograman desktop, internet, jaringan hingga mobile.
Java lahir pada tahun 1991 yang disusun oleh Jemes Gosling yang dibantu oleh rekannya Patrick Naugton, Chris Warth, Ed Frank, Mike Sheridan di perusahaan Sun Microsystem California dan awalnya proyek ini diberi nama Green Project.
Dalam penelitiannya, proyek Green berhasil menciptakan star 7, sebuah piranti berbasis bahasa C dan C++. Setelah beberapa lama, Jemes Gosling merasa kedua bahasa ini mempunyai kekurangan, sehingga tim sepakat mengemangkan bahasa baru yang dibari nama Oak yang terinsipasi dari pohon oak yang berada diseberang kantornya, namun pada tahun 1995 karena Oak telah menjadi ha cipta bahasa lainya maka namanya berubah menjadi Java yang terinsirasi ketika tim minum opi di kedai dekat kantor mereka dan membicaraan asal mula biji kopi yang mereka minum berasal dari pula Jawa. Kemudian tim sepakat menamakan bahasa itu Java dengan logo secangkir kopi panas. Secara arsitektur, Java tidak berubah sedikitpun semenjak awal mula bahasa tersebut irilis. Compiler Java biasa disebut javac (Java Compiler)
Sumber :
• Buku berjudul Menguasai Java Programming seri professional
penerbit Salemba Infotek
• Buku berjudul Tuntunan Pemrograman Java Untuk Handphone
Karangan Budi Raharjo, Imam Heryanto dan arif Haryono
Penerbit Informatika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar