Kamis, 11 Februari 2010

MENGENAL BROWSER

Jika ingin mengakses WWW (World Wide Web)dan konten-konten seperti image, data, music dan informasi lainnya yang dibutuhkan pada saat pertama kai terhubung ke internet yaitu dengan menggunakan software browsing yang umum digunaan seperti halnya Internet explorer, mozila firefox, opera, safari dll .
Kehadiran browser sangatlah penting, browser sendiri adalah alat atau perangkat lunak yang memungkinkan pengguna dunia maya atau internet untuk berjelajah di dunia maya tersebut dan mengunjunggi website-website yang ada untuk mencari informasi yang diinginkan.
Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa browser antara lain :

1. Internet Expoler

Browser ini dirilis pada awalnya yaitu pada awal tahun 2008 dengan versi pertamanya adalah beta pertama dari internet Explorer 8 dan versi keduanya dibulan Agustus. Browser yang biasa disingkat IE atau MSIE (Microsoft Internet Explorer) ini merupakan web browser gratis yang dirilis oleh Microsoft . Internet Explorer merupakan bagian dari system operasi di Microsoft Windows, oleh karna itu jika menggunakan system operasi windows maka Internet Explorer sudah otomatis terinstal pada computer tersebut. Walaupun Internet Explorer ini banyak digunakan, namun Microsoft telah berhenti untuk mengelarkan versi terupdatanyauali untuk Windows XP. Versi terbaru Internet Explorer ini adalah versi 7.0 yang dapat di-update secara gratis untuk Windows XP Service Pask 2.

2. Mozila firefox

Browser ini dirancang oleh Mozila Corporation dan dikembangkan oleh Mozila Foundation atau yayasan Mozila dan ratusan sukarelawan . Versi pertamanya yaitu versi 1.0 pada November 2004 dan versi terbarunya adalah versi 3.0.1 yang dirilis tahun 2008 pada bulan Juli. Browser Mozila Firefox ini yang sebenarnya bernama Phoenix dan untuk sesaat dikenal sebagai Mozila firebird, Mozila Firefox dapat dijalankan dalam beberapa platform seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux dan lainnya.



3. Safari

Untu browser safari ini awalnya ditujukan untuk system opersi Mac OS yang menjadi browser default pada system operasi tersebut, namun sekarang ini dipakai juga oleh system operasi windows. Browser ini dikeluarkan pada tahun 2003 oleh Aple Inc di San Francisco.

4. Opera Mini

Browser ini banyak ditemukan di peralatan elektronik seperti PC, Handone, PDA, bahkan game console. Opera mini ini dapat dijalankan di berbagai system operasi antara lain di Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux. Awalnya Opera mini ini dikembangan pada tahun 1994 pda perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia. Versi terbarunya sudah mencapai versi 9 yaitu varsi 9.52

Tidak ada komentar:

Posting Komentar